Larangan Bertabarruj


Bismillah...

Tabarruj berarti berhias dengan memperlihatkan kecantikan dan menampakkan keindahan tubuh dan kecantikan wajah.
Qatadah mengatakan: yaitu wanita yang jalannya dibuat-buat dan genit.
Muqatil mengatakan: tabaruj adalah tindakan yang dilakukan seorang wanita dengan melepaskan jilbabnya, sehingga tampak darinya gelang dan kalungnya.
Ibnu Katsir mengatakan: yaitu wanita yang keluar dari rumah dengan berjalan di hadapan orang laki-laki, yang demikian itu disebut sebagai tabarruj jahiliyah.
Bukhari mengatakan: tabaruj merupakan tindakan seorang wanita yang menampakkan kecantikannya kepada orang lain.
larangan tabarruj dalam al-quran
dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu (Q.S. Al-Ahzab: 33)
perintah mengenakan pakaian yang menutupi aurat dalam al-quran
Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (Al-A'raf: 26)
Al-Ahzab: 59 dan An-Nur: 31 perintah mengenakan pakaian yang menutupi aurat.
Islam memberikan perhatian yang sangat besar terhadap masalah ini, dimana sejak dini Islam telah memberikan batasan usia seorang wanita dalam menutup aurat .
mengenai hal ini Rasulullah SAW bersabda:
" Wahai Asma, jika seorang wanita telah menjalani haid, maka tidak diperbolehkan baginya dilihat kecuali ini dan ini"  Beliau mengisyaratkan wajah dan kedua telapak tangannya. (H.R Abu Daud).
selain itu beliau juga bersabda:
" ada dua kelompok penghuni neraka yang belum pernah aku melihatnya, yaitu: suatau kaum yang bersamanya cambuk seperti seekor sapi yang digunakannya untuk mencambuk orang-orang, dan wanita-wanita yang berpakaian tapi *******, genit, kepalanya seperti punuk unta yang miring, mereka tidak akan masuk surga, sesungguhnya bau surga itu tercium dari jarak ini dan itu". (H.R Ibnu Khuzaimah).
diriwayatkan dari Aisyah R.A, dia menceritakan ketika Rasulullah sedang duduk-duduk di masjid, tiba-tiba ada wanita yang berjalan dengan penuh sombong dengan perhiasannya, lalu Beliau berkata:
" Wahai sekalian manusia, laranglah wanita-wanita kalian memakai perhiasan dan wangi-wangian di masjid, karena sesungguhnya bani Israil tidak dilaknat kecuali setelah wanita-wanita mereka memakai perhiasan dan wangi-wangian di masjid" (HR. Ibnu Majah).
tabarruj merupakan ciri kebodohan.
hendaknya seorang wanita muslimah mengetahui bahwa tabarruj merupakan ciri kebodohan dan keterbelakangan. merupakan suatu dosa jika seorang wanita membiasakan diri ke tempat-tempat dansa dan tempat-tempat maksiat lainnya.
sabda Rasulullah: " wanita itu mempunyai kekurangan akal dan agama".
setiap kali akal wanita itu berkurang, maka semakin terlihat tabarruj mereka. dan setiap kali kebodohan mereka bertambah, maka mereka akan lebih parah dalam berhias dan berbuat senonoh yang menyerupai wanita-wanita jahiliyah dahulu. (Al-Ahzab: 33)
wallahu'alam.
** Fiqih Wanita, Syaikh Kamil Muhammad 'Uwaidah **

0 Response to "Larangan Bertabarruj"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme